About

Jumat, 10 Februari 2012

ROKOK

ROKOK
1. MENGAPA REMAJA CENDERUNG INGIN MEROKOK
karena keadaan yang mempengaruhi perkembangan mental emosional remaja:
 Lingkungan sosio emosional yang kondusif
Kematangan emosional ( penuh cinta kasih,simpati, empati, kesadaran diri, mampu mengendalikan emosi, tidak mudah tersinggung, tidak agresif, optimis, berfikir kritis dan kreatif.
• Lingkungan sosio emosional tidak kondusif
Kecemasan, perasaan tertekan, agresif, melarikan diri dari kenyataan.
2. REMAJA MEROKOK PADA UMUMNYA DISEBABKAN :
( Tidak berfikir rasional, Mencari identitas ( jati diri), Ingin diakui / dihargai / dipuja, Ingin mencoba, Rasa setia kawan, Mudah terpengaruh )
3. MENGAPA HARUS BERHENTI MEROKOK
Merokok berlebihan dapat mengakibatkan kematian 10% penduduk dunia. Tahun 2030à kematian 50% perokok dan separuh dari yang meninggal adalah diusia produktif. Dari 1 batang rokok yang dibakar menghasilkan 4000 bahan kimia yang berbahaya, diantaranya:
( Tarà karsinogen, Nikotinà zat adiktif , Karbon Monoksida(CO)à mengikat hb )
4. PENYAKIT YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBIASAAN MEROKOK
Kanker paru,Kanker kandung kencing,Kanker usus dan rahim, Kanker mulut dan tenggorokan,Kanker pankreas, Kanker payudara, Bronchitis khronik, Stroke, Osteoporosis, Penyakit jantung, Kemandulan dan Impotensi, Keguguran, melahirkan bayi cacat, Gangguan lambung, Penyakit gusi , Gangguan mata .
5. ROKOK DAN GANGGUAN KESEHATAN JANGKA PENDEK
Mulut kering, Nafas berbau, Meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah, Gangguan pencernaan, Kulit kusam, Bau badan tidak sedap
6. AKIBAT PAPARAN ASAP ROKOK
• Polusi ruangan mengakibatkan : Iritasi mata / hidung, sakit kepala , batuk, sesak nafas dan tenggorokan serak
• Pada wanita hamil yang bukan perokok akan terjadi penurunan pertumbuhan janin dan kematian bayi
• Asap rokok dari sebatang rokok yang dibakar mengandung:
2 Kali lebih banyak nikotin, 3 Kali lebih banyak tar, 5 Kali lebih banyak CO

7. SIAPA PEROKOK AKTIF DAN PASIF
• Perokok aktif à orang yang mengkonsumsi rokok.
• Perokok pasifà orang yang tidak merokok tapi menghisap asap rokok.
Dari pada asap rokok yang dihisap, kemudian dikeluarkan lagi dari mulut / hidung perokok.Resiko perokok pasif dibandingkan orang yang tidak pernah menghisap asap rokok :
30 % penyakit jantung dan 25 % kanker.
8. JENIS ASAP ROKOK
5 X CO, 4 X CARCINOGEN, 3 X NIKOTIN, 46 X AMONIA
9. IBU HAMIL YANG JADI PEROKOK PASIF :
Keguguran janin, Kematian bayi dalam kandungan, Perdarahan
10. BAYI YANG JADI PEROKOK PASIF :
Gangguan pernafasan, Gangguan perkembangan kecerdasan, Leukimia, Kanker otak, Penyakit telinga
11. Dari 1 batang rokok yang dibakarà 4000 racun
 Kelompok gas : CO, menghambat pengikatan Hb-O2
 Kelompok zat padat : Nikotin dapat menyempitkan pembuluh darahà Stroke dan serangan jantung, Tar dapat menyebabkan kanker.
12. PENYAKIT YANG DITIMBULKAN AKIBAT MEROKOK :
1. Kanker Paru :
Bahan kimia didalam rokok yang merupakan penyebab kanker paru adalah Tar. Adaempat jenis kanker paru , yaitu :Karsinoma epidermoid, Adenekarsioma, Karsinoma sel besar, Karsinoma sel kecil.
2. Penyakit Jantung :
Kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, tingginya kadar lipid / lemak dalam darah dan lain-lain. Penyebab jantung koroner adalah penyempitan / tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung, sehingga mengakibatkan serangan jantung mendadak. Ada dua asap rokok yaitu nikotin dan gas CO, asap rokok mengandung 0,5 % - 3 % nikotin. Nikotin menggangu jantung, membuat irama jantung tidak teratur.
3. Menggangu Kehamilan
Seorang ibu yang biasa merokok sangat mengganggu pada anak yang akan dilahirkan. Banyak dimungkinkan dapat meninggal dunia pada bulan-bulan berikutnya.
Gejala-gejala keracunan merokok, antara lain : Kepala pusing, Mual-mual, Keluar keringat dingin, Tangan gemetar, Badan terasa lemah
GANGGUAN MEROKOK :
KESEHATAN
 INFEKSI SALURAN
 EMPHYSEMA
 HIPERTENSI
 JANTUNG KORONER
 IMPOTEN
 SUSAH TIDUR PERFORMA

 GIGI KUNING
 KULIT PUCAT
 RAMBUT KUSAM
 KERUTAN DAHI
 CAHAYA MATA
 EMOSIONAL

1. BAGAIMANA MENCEGAH REMAJA UNTUK TIDAK MEROKOK
Peringatan kesehatan pada setiap bungkus rokok, Dilarang merokok ditempat umum, Memutuskan apakah merokok bergaya atau berbahaya, Mengembangkan keterampilan psikososial, Menerapkan Kawasan bebas rokok di sekolah, Contoh tauladan dan pengawasan, Penegakan hukum, Meminimalisir tempat merokok.
2. CARA EFEKTIF UNTUK BERHENTI MEROKOK (bagi yang sudah terlanjur merokok):
Niat yang yang kuat dari diri sendiri, Cari alasan kuat untuk berhenti merokok, Tetapkan tanggal untuk berhenti merokok, Singkirkan asbak/rokok, Minta dukungan teman & keluarga, Lakukan beberapa cara : ( Cara 1 : Langsung berhenti, Cara 2: Penundaan menghisap rokok pertama, Cara 3: Pengurangan bertahap.

Usaha – usaha unutk berhenti merokok, antara lain : Jauhkan dari rokok, Mandi air hangat 3 X sehari, Olahraga dengan baik dan teratur, Banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran segar, Jangan terlalu lama menahan lapar, Hindari makan makanan yang mengandung bumbu, Jauhkan diri dari ragu-ragu untuk berhenti merokok.
Upaya pencegahan dan penanggulangan agar siswa tidak merokok, antara lain : Kantin disekolah dilarang menjual rokok, Memberi penjelasan tentang bahaya merokok bagi kesehatan, Merazia siswa agar tidak membawa rokok.

3. KEUNTUNGAN TIDAK MEROKOK
Lingkungan udara bersih yang banyak mengandung O2, Memperkecil risiko terkena penyakit, misalnya serangan jantung, stroke, impotensi dan kemandulan karena endapan nikotin di pembuluh darah, Terhindar dari kanker yang disebabkan Tar, Nafas dan badan tidak berbau, Kulit muka tetap segar, Terhindar dari batuk-batuk dan sesak nafas, Memperkecil biaya yang tidak diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar