Sekolah : SMK
Negeri 1 Kaligondang
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
XI (Sebelas) / Gasal
Standar Kompetensi : Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik
dan taktik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga
bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat dan percaya diri
Alokasi Waktu : 2 x 2 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
Indikator :
1. Menggunakan formasi, bentuk, dan strategi
pola penyerangan 4-2-4 dalam permainan sepak bola
2. Menggunakan berbagai formasi, bentuk, dan
strategi pola pertahanan dalam permainan sepak bola
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa
dapat menggunakan formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan 4-2-4 dalam
permainan sepak bola
b. Siswa
dapat menggunakan berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan dalam permainan sepak bola
B. Materi Pembelajaran
Permainan sepakbola
a.
Formasi permainan sepak bola penyerangan W – M atau
4-2-4
b.
Formasi
pertahanan sepak bola 4-4-2
C. Metode Pembelajaran
-
Inclusive
(cakupan)
-
Demonstrasi
-
Part and whole
(bagian dan keseluruhan)
-
Resiprocal
(timbal-balik)
D. Langkah Pembelejaran
1. Pertemuan
1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
Keterangan
|
1
|
Pendahuluan
Prasyarat :
o
Murid
dibariskan
o
Berdo’a
o
Pemanasan
o
Diberi
materi teori secara singkat
|
15 menit
|
- Ceramah
- Demonst
|
X X X X X
X X X X X
O
X : Siswa
O : Guru
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
Menjelaskan bentuk formasi permainan sepak bola penyerangan 4-2-4
b.
Elaborasi
-
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Setelah
dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan sepak bola yang
menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola W M
atau 4 – 2 – 4, merupakan pola yang menempatkan 4 pemain belakang, 2 center
back dan 4 pemain depan
c.
Konfirmasi
Bermain sepak
bola dengan formasi 4-2-4 dengan peraturan yang telah dimodifikasi
|
60 menit
|
- Ceramah
- Demonst
|
O
X X
X X
|
3
|
Penutup :
o
Pendinginan
o
Mengadakan
evaluasi
o
Presensi
o
Berdo’a
|
15 menit
|
- Evaluasi
- Penugasan
|
X X X X X
X X X X X
O
X : Siswa
O : Guru
|
2. Pertemuan
2
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
Keterangan
|
1
|
Pendahuluan
Prasyarat :
o
Murid
dibariskan
o
Berdo’a
o
Pemanasan
o
Diberi
materi teori secara singkat
|
15 menit
|
- Ceramah
- Demonst
|
X X X X X
X X X X X
O
X : Siswa
O : Guru
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
Menjelaskan formasi permainan sepak bola pertahanan 4-4-2
b.
Elaborasi
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok
Setelah
dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan
permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai
posisinya berdasarkan pola 4 – 4 – 2, yang lebih menekankan pada pertahanan,
pola ini menempatkan 4 pemain belakang, 4 pemain tengah dan 2 pemain depan.
c.
Konfirmasi
Melakukan
permainan sepak bola formasi 4-4-2 yang telah domodifikasi
|
60 menit
|
- Ceramah
- Demonst
|
O
X X
X X
|
3
|
Penutup :
o
Pendinginan
o
Mengadakan
evaluasi
o
Presensi
o
Berdo’a
|
15 menit
|
- Evaluasi
- Penugasan
|
X X X X X
X X X X X
O
X : Siswa
O : Guru
|
E. Sumber Belajar
-
Ruang
terbuka yang datar dan aman -
Buku teks
- Bola & Gawang -
Buku referensi
F.
Penilaian
1. Teknik
penilaian:
- Tes unjuk
kerja (psikomotor):
Lakukan
permainan sepak bola dengan formasi penyerangan 4 – 2 – 4 dan formasi
pertahanan4 – 4 – 2
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan
permainan sepak bola dengan formasi penyerangan 4 – 2 – 4 dan formasi
pertahanan 4 – 4 – 2. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
Keterangan:
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat
nilai 1
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara
lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai permainan
sepak bola dengan formasi penyerangan 4 – 2 – 4 dan formasi pertahanan 4 – 4 –
2
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang
nilai antara 1 sampai dengan4
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA FORMASI PERMAINAN SEPAKBOLA
Aspek Yang
Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Memposisikan diri sebagaimana tugas yang diberikan
baik dalam penyerangan maupun dalam pertahanan.
2. Dapat saling membagi tugas dan percaya
antar teman satu tim
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 8
|
RUBRIK
PENILAIAN
PERILAKU
DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK
(√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman satu tim
|
|
2. Berani menembus pertahanan lawan
|
|
3. Mentaati peraturan
|
|
4. Menghormati wasit
|
|
5. Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam
bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL : 5
|
RUBRIK
PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP FORMASI PERMAINAN SEPAKBOLA
Pertanyaan yang
diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan formasi penyerangan W M?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan formasi
pertahanan 4 – 4 – 2?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8
|
Kaligondang,……Juli 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. Kusmanto Banung
Indrawati,S.Pd
NIP.19600929 198703 1 006 NIP. 19741212
200801 2 005
0 komentar:
Posting Komentar